Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan di Indonesia, tidak jarang mulai kalangan muda maupun tua menderita penyakit tersebut. Penyakit ini diakibatkan karena peningkatan kadar gula dalam darah yang berlebihan. Di negara maju seperti Indonesia sendiri kemajuan teknologi sangat pesat, sehingga membuat kalangan masyarakat menginginka sesuatu sangat instan.

Perkembangan teknologi ini memiliki dampak positif dan negatif, salah satu dampak negatifnya adalah membuat perilaku seseorang menjadi malas. Hanya dengan menggunakan aplikasi saja, Anda dapat memesan makanan tanpa harus keluar rumah. Kurangnya aktifitas gerak ini menimbulkan terjadinya obesitas.

Obesitas sendiri merupakan salah satu faktor yang menyebabkan seseorang menderita penyakit diabetes mellitus. Diabetes mellitus sendiri dapat diobati dengan pengobatan secara medis maupun tradisional dengan mengkonsmsi obat herbal seperti kolagit. Kolagit ini berbentuk kopi dengan komposisi bahan herbal yang terbuat dari gula tebu. Produk herbal ini diklaim dapat menekan peningkatan gula darah pada penderita diabetes. Tahukah Anda bahwa penyakit diabetes memiliki beberapa tipe?, untuk dapat mengklafisikasikan penyakit tersebut, mari simak pemabahasan berikut.

  1. Diabetes Mellitus tipe 1

Pada diabetes tipe ini, penyakit disebabkan karena adanya kelainan sitematik akibat gangguan meabolisme glukosa yang ditandai oleh kelebihan gula darah kronik. Keadaan ini disebabkan oleh kerusakan dari sel betha dari pankreas baik oleh proses autoimun maupun idiopatik sehingga produksi insulin berkurang bahkan terhenti. Sekresi insulinyang rendah mengakibatkan gangguan pada metabolisme karbohidrat, protein dan lemak.

Hal pertama yang harus dipahami oleh semua pihak bahwa diabetes tipe 1 ini tidak dapat disembuhkan, tetapi kualitas hidup penderita dapat dipertahankan seoptimal mungkin dengan mengontrol metabolisme dengan baik, seperti pemberian insulin, pengaturan pola makan, olahrga yang teratur, serta pemantauan mandiri.

  1. Diabetes Mellitus tipe 2

Diabetes yang disebabkan oleh gangguan metabolik yang ditandai dengan kenaikan gula darah akibat penurunan sekresi insulin oleh sel beta pankreas dan fungsi insulin (resistensi insulin). Pengobatan pada diabetes tipe ini dimulai dengan menerapkan pola hidup sehat (terapi nutrisi medis dan aktivitas fisik) bersamaan dengan intervensi farmakologis dengan obat anti hiperglikemia secara oral ataupun suntikan.

  1. Diabetes Mellitus Gestasional

Diabetes tipe ini erupakan keadaan diabetes atau kelebihan kadar gula yang timbul selama masa kehamilan, dan biasanya penyakit ini timbul hanya berlangsung sementara. Sekitar 4-5% wanita hamil diketahui menderita penyakit ii, dan umumnya terdeteksi pada masa kehamilan trimester kedua.

Meskipun diabetes ini bersifat sementara dan pulih ketika sudah melahirkan, tetapi diabetes ini dapat mengakibatkan hal buruk terhadap bayi yang dikandung. Dampak buruk tersebut berupa malformasi kongenital, peningkatan berat badan bayi ketika lahir dan meningkatnya resiko kematian bayi dalam kandungan. Penderita diabetes ini, dimasa depan memiliki factor lebih bear untuk menderita penyakit diabetes.

  1. Diabetes tipe lain

Diabetes mellitus tipe lain merupakan penyait gangguan metabolisme yang ditandai oleh kenaikan kadar gula darah akibat defek genetic fungsi sel beta, defek genetik kerja insulin, penyakit eksokrin pankreas, endokrinopati, karena obat atau zat kimia, infeksi , sindrom genetic lain yang berkaitan dengan diabetes mellitus.