Kumpulan Informasi dan Cara

Simak Macam-macam Tulang yang Ada Pada Tubuh Manusia Berikut Ini!

Manusia dapat bergerak dengan normal, karena dipengaruhi organ tubuh di dalamnya, termasuk tulang. Namun, apakah anda tahu apa saja macam-macam tulang. Penopang tubuh ini memiliki bagian dan namanya masing-masing. Fungsinya juga berbeda. Semua itu yang dapat membuat orang-orang dapat berdiri dengan tegak dan menjalani kehidupan dengan baik. Hal itu memang tergantung dengan baik atau tidaknya tulang dalam diri Anda. Bukan hanya itu saja, manusia sangat beruntung karena memiliki struktur tulang yang menyempurnakan elemen tubuh. Jika tidak ada tulang maka manusia akan sulit untuk menjalani kehidupan.

Tulang terdiri atas zat fosfor, mineral, kalsium, zat kapur, sum-sum, dan kolagen. Elemen-elemen tersebutlah yang membentuk kerangka dalam tubuh. Namun, tulang dapat mengalami kerapuhan jika tidak tahu cara menjaganya. Asupan makanan yang mengandung zat tersebut, sangat diperlukan untuk menjaga stabilitasnya. Selain itu, tulang juga rentan terhadap sentuhan benda keras, hingga dapat menyebabkannya tidak bisa berfungsi lagi. Musibah berupa kecelakaan memang tidak dapat dielakkan oleh manusia. Akan tetapi yang bisa dilakukan adalah tetap menjaga diri dari hal-hal yang bisa membuatnya celaka.

Tahukah Anda bahwa tulang memiliki namanya masing-masing. Hal itulah yang membentuk perbedaan pada setiap bagian tulang. Setiap tempat penopang tubuh ini berada, pasti berpengaruh terhadap strukturnya. Apalagi teksturnya tidak akan sama. Akan ada yang kasar, halus, padat, dan lainnya. Semuanya akan ada di dalam setiap tubuh manusia normal. Simak juga apa saja jenis-jenis tulang yang ada dalam tubuh beserta peran dan fungsinya berikut ini:

  • Jenis Tulang Yang Meliputi Jaringan Penyusunnya

Tulang rawan yang biasa Anda dengar termasuk ke dalam kelompok ini. Kartilago, merupakan tulang rawan terbentuk dari sel serabut kolagen, matriks, dan kondosit, contohnya tulang hidung. Hialin, serabutnya halus menyebar dapat terlihat pada ujung dari tulang rusuk yang juga menempel pada tulang dada. Elastis, tulang rawannya juga berupa serabut, namun teksturnya kasar yang terdapat pada laring beserta telinga. Fibrosa, matriksnya kasar dan sangat tidak beraturan yang bisa dilihat pada cakram dan berada antara tulang belakang.

  • Jenis Tulang Keras (Osteon)

Pembentukan osteon merupakan perkembangan dari tulang rawan yang kemudian menjadi keras. Ada dua jenis yang termasuk ke dalam klasifikasi tulang ini. Kompak, teksturnya keras dan padat yang terdapat pada tulang betis dan hasta. Spons, sesuai namanya tulang ini padat tetapi memiliki rongga-rongga yang dapat terlihat pada tulang belikat dan tulang belakang.

  • Jenis Tulang yang Meliputi Bentuknya

Bermacam-macam bentuk dari tulang yang ada dalam tubuh manusia ada empat yang meliputinya. Pipih, bentuknya tipis dapat terlihat pada tulang rusuk dan penyusun tengkorak. Pendek, ukurannya memang kecil yang terdapat pada punggung telapak tangan dan juga kaki. Pipa, berbentuk silinder terdapat pada tulang kering dan pengumpil. Tak Beraturan, bentuknya acak-acakan, hal itu bisa terlihat pada wajah.

Penyebutan tulang yang sering diucapkan memang kurang tepat. Melihat ada macam-macam tulang yang tersusun di dalam tubuh manusia. Fungsinya juga berbeda. Begitu juga dengan bentuknya sangat beragam. Mengenal masing-masing tulang tersebut dapat membuat anda semakin tahu caranya menjaga kesehatan. Ada beberapa tulang juga yang perlu mendapatkan perhatian lebih. Hal tersebut ada pada tulang rawan. Teksturnya sangat lembut dan sangat halus. Jaga juga badan Anda dari benturan-benturan yang dapat merusak kinerjanya dalam jangka panjang. Hal itu akan menjaga elastisitas tulang.

Leave a Reply