Pipa air berlogo SNI (Standar Nasional Indonesia) merupakan salah satu jenis pipa, yang mana proses pembuatannya berdasarkan pada standarisasi industrial yang berlaku secara nasional di Indonesia. Standar ini dibuat langsung oleh Otoritas Panitia Teknis dan ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN). Pipa dengan standar SNI ini biasanya mengatur produk-produk industrial, termasuk pipa saluran air, dengan melihat standar keamanan penggunaanya, tidak mencemari lingkungan, dan lain sebagainya.

Seperti diketahui, pipa SNI sendiri umumnya digunakan untuk mengalirkan air di rumah. Tak hanya rumah, gedung bertingkat, rumah ibadah, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan lainnya pun juga membutuhkan pipa ini untuk saluran air. Untuk itulah, penggunannya sangat banyak digunakan dan dicari oleh masyarakat.

Nah, mengingat pipa ini digunakan untuk menyalurkan air, maka ada beberapa saluran air yang bisa memanfaatkan pipa ini, di antaranya:

  1. Saluran air bersih. Pastinya Anda membutuhkan air bersih untuk berbagai keperluan. Entah itu, mandi, mencuci pakaian, mencuci piring, mencuci makanan, dan lain sebagainya. Tentu, untuk mengalirkan air bersih tersebut Anda membutuhkan yang namanya pipa. Iya, kan? Hmm, bisa menggunakan pipa PVC dari SNI. Dengan harga yang terjangkau pipa ini cocok digunakan di rumah Anda. Di samping itu, pipa satu ini juga tahan terhadap korosi sehingga ketika digunakan untuk mengalirkan air bersih di rumah tentu tidak akan terkontaminasi dengan apapun.
  2. Saluran air di kamar mandi. Khusus untuk kamar mandi, biasanya menggunakan dua pipa sekaligus. Yang mana, pipa tersebut digunakan untuk mengalirkan air bersih dan air kotor. Air bersih sendiri biasanya digunakan untuk mandi, menyikat gigi, dan sebagainya. Sedangkan air kotor dimanfaatkan untuk air pembuangan setelah mandi, dan lainnya. Baiknya, untuk air bersih pilihlah diameter pipa yang tidak terlalu besar, namun sebaliknya untuk air pembuangan pilih yang agak besar agar ketika mengalirkan air tidak akan terjadi penyumbatan.
  3. Saluran air limbah. Dan, Anda juga membutuhkan pipa untuk saluran air limbah di kamar rumah. Berbeda dengan sebelumnya, untuk air limbah ini, baiknya menggunakan pipa PVC standar SNI berukuran besar agar ketika mengalirkan limbah dari kamar mandi maka nantinya tidak akan tersumbat. Jangan lupa, lengkapi saluran pembuangan dengan menambahkan septic tank sebagai tempat pembuangan limbah tersebut.

Itulah tiga saluran yang cocok digunakan untuk mengalirkan air di rumah. Gimana? Apakah Anda menggunakan pipa PVC berstandar SNI untuk mengalirkan air bersih, air kotor, dan air limbah di rumah Anda?