Pil KB terbaik menjadi salah satu pil harian yang memiliki kandungan hormon yang berguna sebagai pencegah kehamilan. Kombinasi hormon estrogen serta progesteron yang berada di dalam pil ini bertujuan mencegah ovulasi.

Ovulasi sendiri merupakan pelepasan sel telur ketika terjadi siklus bulanan. Wanita dewasa tidak bisa mengalami kehamilan bila tidak berovulasi. Hal ini disebabkan karena tidak adanya sel telur yang bisa dibuahi oleh sperma.

Pil KB bukan hanya digunakan sebagai pencegah ovulasi namun juga digunakan sebagai penebalan lendir yang berada di sekitar serviks. Sehingga, nantinya sel sperma menjadi sulit dimasuki uterus serta mencapai sel telur yang telah dilepas.

Di pasaran, ada berbagai macam merek pil KB yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Berikut beberapa pilihan merek pil KB, antara lain:

  1. Yasmin

Yasmin merupakan pil kontrasepsi yang mempunyai kandungan hormon estrogen dan progestin. Dua hormon tersebut dipergunakan sebagai pencegah kehamilan dengan cara melakukan penghentian pembentukan sel telur di setiap bulannya.

Jika pembentukan sel telur berhenti, sperma tidak bisa membuahi sehingga kehamilan bisa dihindari. Drospirenone yang berada di dalam pil KB dapat meningkatkan kadar kalium, sehingga pil ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi wanita dengan gangguan ginjal, penyakit adrenal serta penyakit hati. Pil KB terbaik ini di banderol dengan harga mulai dari Rp 220 ribuan.

  1. Elzsa

Elzsa menjadi salah satu solusi untuk perempuan modern yang ingin merencanakan keluarga tanpa cemas dengan efek samping. Elzsa memiliki kandungan kombinasi hormon progesteron dan estrogen.

Elzsa bisa dikatakan cukup baru, namun Elzsa bukan hanya dapat mengontrol siklus menstruasi, namun juga dapat membuat wajah bebas jerawat sehingga berat badan stabil.

Selain itu, adanya kombinasi hormon tersebut dapat membuat nyeri berkurang serta mengurangi risiko kekurangan zat besi ketika menstruasi. Elzsa di banderol mulai dengan harga Rp 80 ribuan.

  1. Microgynon

Microgynon menjadi salah satu pilihan pil KB yang sangat bagus. Microgynon memiliki kandungan levonorgestrel serta etinilestradiol. Microgynon memiliki cara kerja dengan mencegah ovulasi dan mengentalkan lendir serviks.

Microgynon terdiri dari 28 tablet. Namun, hal yang harus diketahui adalah, Microgynon ini harus digunakan sesuaid engan petunjuk dokter, selain itu Microgynon tidak dianjurkan dikonsumsi oleh wanita yang memiliki riwayat penyakit hati. Microgynon di banderol dengan harga Rp 17 ribuan.

  1. Diane 35

Produk pil KB terbaik yang lainnya adalah Diane 35. Diane 35 ini diproduksi Bayer Farma Indonesia. Diane 35 mempunyai kandungan estrogen serta progesteron. Diane 35 termasuk dalam golongan obat keras psikotropika sehingga membutuhkan resep dokter untuk mengkonsumsinya.

Diane 35 memiliki cara kerja dengan menghambat sekresi sehingga mengurangi produksi testosteron sehingga bisa mencegah kehamilan. Namun, pada ibu menyusui, pengonsumsian Diane 35 harus dilakukan dengan hati-hati karena bisa mengurangi jumlah produksi ASI. Diane 35 di banderol dengan harga Rp 135 ribuan.

  1. Andalan

Merek Andalan ini mungkin bisa dikatakan sangat sering Anda dengar. Andalan memiliki kandungan hormon estrogen serta progestin. Cara kerja dari pil Andalan ini ialah mengentalkan cairan vagina sehingga sulit dilalui oleh vagina.

Andalan mempunyai tingkat efektivitas yang mencapai 99% untuk mencegah kehamilan. Harga pil KB ini sangat murah karena hanya di banderol Rp 6 ribuan saja dalam 1 strip,

Memilih pil KB yang terbaiktentu saja menjadi sebuah kewajiban. Dalam melakukan pemilihan, selain melihat review, tidak ada salahnya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.