Kumpulan Informasi dan Cara

Kulit Lebih Sehat Dengan Obat Penghilang Bekas Jerawat Dari Bahan Alami

Secara medis obat penghilang bekas jerawat telah banyak ditemukan. Namun demikian cara-cara alami menggunakan bahan non-kimia masih banyak digunakan di kalangan masyarakat.

Cara menghilangkan bekas jerawat memang tidak selalu dilakukan dengan biaya mahal. Ini karena banyak sekali bahan-bahan tradisional yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut. Soal biaya tentu saja lebih murah, berbeda dengan penanganan secara medis.

Bahan alami yang dimaksud juga mudah ditemukan. Intinya, jika dengan bahan alami yang murah saja masalah bekas jerawat bisa diatasi, tentu kita tidak perlu keluar biaya mahal untuk perawatan di klinik kecantikan.

Mau tahu apa saja bahan alami untuk obat penghilang jerawat dengan cepat? Dikutip dari https://www.harapanrakyat.com/, berikut penjelasannya.

Tanaman Lidah Buaya

Rekomendasi obat penghilang bekas jerawat dari bahan alami yang pertama yaitu tanaman lidah buaya. Tanaman yang dikenal sebagai bahan utama produk shampoo ini mengandung zat aloin yang merupakan senyawa berbentuk gel yang sangat efektif mencerahkan kulit.

Cara pengaplikasiannya cukup mudah. Buang kulit luar lidah buaya ambil bagian gel-nya saja kemudian usapkan pada bagian bekas jerawat. Lakukan secara rutin malam hari sebelum tidur.

Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini juga disebut-sebut ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Hal ini karena sifat anti-bakteri pada senyawa thiacremonon sulphur dalam bawang putih efektif mengatasi noda hitam bekas jerawat.

Siapkan bawang putih secukupnya kemudian haluskan (diblender). Oleskan secara merata pada bagian bekas jerawat. Diamkan selama 3 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Kentang

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat bisa dicoba menggunakan kentang. Kentang kaya akan vitamin dan mineral yang mampu menyamarkan flek-flek hitam di wajah maupun noda bekas jerawat.

Cara menggunakannya cukup gampang. Kentang dicuci bersih kemudian diiris tipis-tipis lalu ditempelkan dibagian wajah yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Hasil akan cepat terlihat jika cara ini dilakukan secara rutin seminggu 3 kali.

Madu Murni

Madu murni dipercaya mampu mengatasi masalah bekas jerawat karena pada dasarnya bahan alami ini bersifat mengatasi luka secara cepat. Selain itu madu juga merangsang pertumbuhan sel baru sekaligus mengurangi kemungkinan terbentuknya jaringan parut pada luka atau bekas jerawat. Disini untuk penggunaannya madu dijadikan sebagai masker wajah.

Gunakan air hangat untuk memebersihkan wajah sekaligus untuk membuat pori-pori sedikit terbuka. Berikutnya oleskan madu murni pada wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Terakhir bilas dengan air dingin agar pori-pori kembali ke posisi semula.

Baking Soda

Bukan hanya untuk pelengkap bahan kue namun baking soda sudah terkenal mampu menyamarkan flek hitam bekas jerawat sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati.

Ambil 2 sendok baking soda kemudian campurkan dengan 2 sendok air. Aduk hingga membentuk pasta. Selanjutnya oleskan pada bekas jerawat sambil dipijit lembut dengan gerakan melingkar. Diamkan kurang lebih 15 menit lalu bilas sampai bersih.

Gunakan pelembab untuk mencegah supaya kulit wajah tidak kering setelah treatment menggunakan baking soda. Yang harus diingat gunakan cara ini maksimal 2 kali seminggu. Jangan lebih.

Jus Lemon

Obat penghilang bekas jerawat berikutnya yaitu jus lemon. Benar, jus lemon yang biasa dikonsumsi sebagai minuman menyegarkan ini ternyata memiliki khasiat menghilangkan noda bekas jerawat dan flek-flek hitam.

Selain karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi, lemon juga bersifat anti-oksidan yang dari dulu dipercaya mampu melenyapkan flek hitam bekas jerawat. Meski demikian bagi yang mempunyai jenis kulit wajah kering cenderung sensitif tidak direkomendasikan menggunakan cara ini karena berisiko memicu iritasi kulit.

Gula

Mungkin cara ini belum banyak yang tahu namun percaya atau tidak gula mempunyai kandungan zat yang efektif menghilangkan bekas jerawat. Untuk pengaplikasiannya digunakan sebagai scrub.

Gula mengandung asam alfa hidroksi serta asam glikolat yang mampu merangsang pertumbuhan sel baru dan mengangkat sel kulit mati. Siapkan 2 bagian gula dan 1 bagian minyak zaitun campur dengan 5 tetes air jeruk lemon. Setelah tercampur rata gunakan sebagai masker. Diamkan 15 menit kemudian cuci sampai bersih dengan air hangat.

Apabila beberapa obat penghilang bekas jerawat diatas tidak membuahkan hasil yang memuaskan disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kecantikan atau dokter kulit. Mungkin kulit wajah Anda butuh perawatan khusus yang tidak bisa diatasi dengan bahan-bahan tradisional.

Leave a Reply