Bagi Anda yang baru saja membeli mobil baru tentunya Anda harus mempelajari cara merawat mobil karena begitu Anda membeli mobil baru, mobil tersebut langsung menjadi mobil bekas. Sebagai pengendara mobil, tentu Anda ingin mobil Anda awet untuk jangka waktu yang lama. Untuk memastikan mobil tetap bernilai tinggi dan nyaman dikendarai, pengguna mobil harus melakukan perawatan secara rutin, baik secara pribadi maupun dengan servis berkala ke bengkel resmi.

Jika Anda kurang memahami seluk beluk mobil dan perawatannya, setidaknya Anda perlu memahami 5 hal ini agar mobil tetap dalam kondisi prima.

Rutin Mengganti Oli Mesin

Oli mobil harus diganti setiap 5.000-10.000 km untuk memastikan mesin mobil tetap bekerja dengan optimal. Salah satu cara mengetahui oli mobil sudah harus diganti adalah dengan meneteskan sedikit oli di tangan Anda dan merasakan apakah terdapat serpihan-serpihan halus di dalamnya. Jika Anda dapat merasakan serpihan atau kotoran, maka sudah saatnya Anda mengganti oli mobil.

Pastikan Kopling Berfungsi dengan Baik

Tips ini berlaku jika mobil Anda bertransmisi manual. Jika kampas kopling Anda sudah mulai aus, maka perpindahan gigi akan semakin berat dan dapat mengganggu kenyamanan berkendara Anda. Persneling yang sulit dipindah merupakan salah satu indikasi kampas kopling mobil Anda mulai aus.

Pastikan Air Radiator Cukup

Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin saat sedang bekerja. Pastikan Anda mengisi air di tabung radiator secara berkala agar mesin dapat bekerja dengan baik. Selain itu, jika Anda cukup sering menggunakan air wiper, isi tabung air wiper dengan air bersih jika air sudah mulai habis

Pastikan Kabel dan Lampu dalam kondisi Baik

Anda perlu memeriksa kondisi kabel dan lampu mobil Anda secara rutin. Sesekali, Anda akan mendapati kabel yang kendur atau bahkan terputus dan lampu mobil yang mulai redup. Agar tidak bermasalah di jalan, pastikan seluruh kabel dan lampu mobil Anda berada dalam kondisi normal

Perawatan Aki Mobil

Aki merupakan komponen yang penting karena bila aki mobil bermasalah maka mobil tidak dapat dihidupkan dan berjalan. Hal paling mudah untuk merawat aki mobil Anda adalah dengan memastikan air aki berada pada level yang seharusnya, yaitu di antara garis batas penanda. Cara lain untuk mengecek kondisi aki adalah dengan mengukur tegangan aki menggunakan voltmeter. Jika Anda tidak yakin mengenai kondisi aki mobil Anda, Anda dapat memeriksakan mobil ke bengkel terdekat.