Radang tenggorokan menjadi salah satu penyakit yang dapat mengganggu keseharian. Biasanya, radang akut akan terjadi secara mendadak selama 2 minggu namun akan reda dalam beberapa waktu. Untuk mengatasi masalah ini, Anda tidak perlu mengkonsumsi obat khusus karena rasa sakit ini akan reda dengan beristirahat serta mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup.

Radang akut biasanya ditandai dengan rasa kurang nyaman pada tenggorokan. Keluhan ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus, hingga infeksi bakteri. Tetapi selain dua penyebab tersebut, merokok, polusi udara, hingga makanan juga bisa menyebabkan sakit ini.

Sehingga, agar tidak terkena radang di tenggorokan, Anda harus menghindari rokok, polusi udara dan makanan-makanan yang menjadi pencetusnya. Makanan pencetus radang ini seperti gula olahan, lemak jenuh, lemak trans dan MSG.

Gejala Radang Tenggorokan

Beberapa gejala radang yang menyerang tenggorokan, antara lain:

  1. Tenggorokan terasa sakit ketika menelan, bahkan ketika tidak melakukan apapun,
  2. Tenggorokan terasa kering,
  3. Demam ringan,
  4. Muncul batuk yang sedikit mengganggu,
  5. Bengkaknya getah bening di sekitar leher.

Bila radang terjadi secara terus menerus bahkan lebih dari 10 hari, dan disertai dengan tidak mampu menelan, sulit berapas, sulit membuka mulut, bengkak pada leher, telinga nyari, lebih baik Anda segera menghubungi dokter agar bisa mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Cara Mengusir Radang Tenggorokan

Berikut ini beberapa langkah yang dapat meringankan rasa sakit radang yang menyerang tenggorokan, antara lain:

  1. Mengkonsumsi makanan lembut terlebih dahulu. Agar tidak melukai tenggorokan yang sedang meradang, lebih baik Anda mengkonsumsi makanan lenbut terlebih dahulu seperti nasi tim, sup dan bubur ayam. Namun, pastikan makanan tersebut tidak begitu panas.
  2. Memperbanyak konsumsi air putih. Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa memperparah radang Anda. Oleh sebab itu usahakan memperbanyak konsumsi air putih. Anda juga bisa mengkonsumsi teh lemon hangat dan teh madu sehingga tenggorokan menjadi nyaman.
  3. Kumur dengan menggunakan air garam. Berkumur dengan menggunakan air garam, dapat mengurangi keluhan peradangan. Anda bisa melakukannya 3 kali sehari dengan menggunakan seperempat sendok garam dan secangkir air putih.
  4. Jangan merokok. Bila Anda merupakan perokok aktif, lebih baik hentikan kebiaaan ini. Radang bisa disebabkan oleh infeksi dari rokok, oleh sebab itu lebih baik Anda menghindari rokok terlebih dahulu.
  5. Hindari banyak mengeluarkan suara. Menggunakan pita suara dengan berlebihan akan memperparah gejala radang. Sehingga, agar lekas membaik, jangan bersuara terlalu keras, Anda juga bisa mengurangi bersuara terlebih dahulu.
  6. Hirup udara yang lembab. Udara lembab bisa membantu membersihkan lendir serta cairan radang. Ketika merasakan gejala radang, lebih baik jangan berada di ruangan berAC terlalu lama, Anda juga bisa menggunakan humidifier agar udara menjadi lebih lembab.

Agar mempercepat proses penyembuhan, Anda juga harus mengimbanginya dengan melakukan istirahat. Jika keluhan radang tenggorokan masih belum mereda, Anda dapat melakukan konsultasi ke dokter. Sekarang, Anda dapat dengan mudah mencari dokter spesialis di Halodoc. Banyak pilihan dokter dari seluruh Indonesia.

Halodoc merupakan aplikasi untuk solusi kesehatan Anda. Anda dapat melakukan chat dokter, membuat janji di RS, hingga mencari dokter. Halodoc juga menyediakan berbagai layanan khusus seperti kesehatan hewan, jiwa dan tes COVID-19. Bahkan, pemeriksaan kesehatan sendiri juga bisa Anda lakukan di Halodoc karena Halodoc juga memiliki fitur kalkulator BMI, kalender menstruasi hingga pengingat obat.