Kumpulan Informasi dan Cara

Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami

Nyamuk adalah hal yang paling dibenci oleh semua orang karena sangat mengganggu. Ada beberapa orang yang mengusir nyamuk dengan menggunakan lotion pengusir nyamuk atau dengan obat pengusir nyamuk lainnya, tapi apakah itu tidak membahayakan? Jika Anda memiliki anak kecil, Anda harus menghindari produk-produk kimia dan mulai mencari cara mengusir nyamuk secara alami.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk bisa mengusir nyamuk tanpa harus menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya seperti serai, basil, peppermint dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara menggunakan bahan-bahan alami tersebut?

Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami

  • Tanaman Herbal

Banyak tumbuhan alami yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Anda mungkin pernah mendengar tentang serai, tetapi apakah Anda tahu bahwa bawang putih, kayu cedar, basil, eucalyptus, lavender, peppermint, rosemary, dan marigold juga efektif untuk mengusir nyamuk? Anda dapat mengurangi nyamuk di halaman Anda dengan menanam ramuan ini di teras Anda.

Selain bisa digunakan sebagai bumbu, gunakan tanaman di atas saat memasak di luar dapur. Membakar tumbuhan saat Anda memasak dapat secara signifikan mengurangi serangan selama Anda makan di luar dapur seperti halaman atau teras.

  • Lemon eucalyptus

Minyak esensial lemon eucalyptus mengandung 85% sitronelal. Minyak esensial lemon adalah produk yang populer di industri pembersih dan kosmetik karena aromanya yang segar. Menurut penelitian menunjukkan bahwa minyak lemon eucalyptus dapat secara efektif melindungi manusia terhadap beberapa spesies nyamuk pembawa malaria serta nyamuk demam berdarah.

Sebuah penelitian menemukan bahwa formula yang mengandung 32% minyak lemon eucalyptus memberikan setidaknya perlindungan dari nyamuk selama kurang lebih 3 jam. Minyak esensial lemon eucalyptus ini bisa Anda dapatkan di apotik atau tok0-toko online.

  • Bakar Citronella Candles

Anda pernah melihat lilin sereh dijual di toko perbaikan rumah? Lilin sereh dapat membantu mengusir nyamuk. Selain itu, lilin yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan juga efektif mengusir nyamuk dan dapat menjauhkan serangga dari halaman Anda.

Cobalah untuk mencari lilin yang mengandung minyak pengusir nyamuk esensial seperti kayu cedar, lavender, serai, dan rosemary. Tempatkan lilin di atas meja dan di sekitar geladak atau halaman untuk membantu mengurangi nyamuk dan serangga.

  • Gunakan Bubuk Kopi Bekas

Banyak orang tidak tahu bahwa bubuk kopi bekas dapat membantu mencegah nyamuk. Bubuk kopi bekas bukan hanya ramah lingkungan, tetapi juga merupakan cara yang bagus untuk memanfaatkan kembali bubuk kopi yang sudah terpakai.

Anda dapat menaburkan pekarangan di sekitar teras Anda, atau menaruhnya di mangkuk dan meletakkannya di dekat tempat Anda akan duduk.

  • Peppermint

Menggunakan peppermint bisa menjadi cara alami lain untuk mengusir nyamuk. Minyak atsiri peppermint efektif, melawan nyamuk dan serangga. Minyak atsiri peppermint memberikan perlindungan 100% terhadap gigitan nyamuk untuk anak-anak dan orang dewasa hingga 150 menit.

Minyak atsiri Peppermint di beberapa apotik, toko kesehatan, dan juga took-tokoonline.

  • Basil

Basil adalah bahan umum yang sering digunakan untuk berbagai bahan masakan, tetapi basil juga bisa digunakan sebagai obat pengusir nyamuk yang cukup efektif. Basil sangat efektif untuk mengusir berbagai jenis nyamuk termasuk nyamuk pembawa malaria.Basil juga memberikan perlindungan 100% selama lebih dari 6 jam terhadap nyamuk dan beberapa serangga lainnya.

Anda yang ingin menghindari nyamuk tanpa bahan-bahan kimia, beberapa cara mengusir nyamuk secara alami bisa Anda terapkan di rumah Anda.

Leave a Reply