Dikarenakan pesatnya perkembangan teknologi, banyak layanan yang akhirnya memanfaatkan aplikasi web untuk memudahkan prosesnya. Sehingga bidang layanan jasa pembuatan aplikasi web semakin banyak dicari dan diminati. Banyak perusahaan mencari pengembang untuk layanan website mereka, bahkan sampai mengembangkan aplikasi mobile untuk perekrutan dan lainnya.

Aplikasi Web dan Contoh Pengembangannya

Aplikasi web hanya bisa dijalankan melalui peramban seperti chrome, edge, firefox, dan lain-lain, serta terhubung dengan jaringan internet yang stabil. Aplikasi web sendiri sangat beragam jenis dan contohnya. Seperti halnya aplikasi web media sosial, ada facebook.com dan juga twitter.com. aplikasi web juga bisa mengalami pengembangan yang dilakukan oleh penggunanya.

Contoh pengembangan oleh aplikasi web Google Docs, yang memungkinkan penggunanya untuk membuat dokumen, menyimpan dokumen di computer atau GDrive, menyyimpan dalam format lain (pdf, docx, xls, ppt, dll), mencetaknya hingga membagikan kepada kawan lainnya. Bahkan Google Docs memungkinkan Anda mengakses dan bekerja pada dokumen yang sama dengan rekan kerja.

Contoh pengembangan aplikasi web yang lainnya ada pada aplikasi web Netflix. Aplikasi ini termasuk salah satu yang terkenal belakangan ini sebagai media hiburan. Pengguna Netflix bisa menonton serial dan film favorit kapan pun tanpa batasan waktu atau jadwal untuk menikmati layanan. Juga pengguna bisa menikmati konten Netflix dari berbagai jenis perangkat, sebab memiliki layanan lintas platform yang kompatibel dengan semua sistem operasi.

Persiapan Pembuatan Aplikasi Web

Bagi Anda yang berminat menjadi seorang developer, dalam pembuatan aplikasi web, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Pertimbangan ini berupa pertanyaan yang harus dijawab sebagai bentuk kesiapan dalam membuat aplikasi web.

  1. Tujuan Aplikasi

Pembuatan aplikasi haruslah mampu memfasilitasi keterlibatan pelanggan pada tingkat pribadi. Jadi ketika akan membuat sebuah aplikasi web, developer harus menentukan tujuan adanya aplikasi untuk pelanggan. Developer harus mampu menyelaraskan tujuan dengan kebutuhan pelanggan, sehingga mampu mempertimbangkan aspek penyebaran (deployment), adopsi (adoption), dan pertumbuhan (growth).

  1. Strategi BYOC (Bring Your Own Computer) atau BYOD (Bring Your Own Device)?

Hal yang mesti dipertimbangkan selanjutnya adalah strategi BYOD (Bawa Perangkat Anda Sendiri) atau BYOC (Bawa Komputer Anda Sendiri). Maksudnya sebagai developer sebuah perusahaan Anda dapat menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras mereka sendiri dan menyambungkannya ke jaringan perusahaan.

Maksudnya di sini adalah perangkat milik developer tersebut termasuk bagian dari sistem paralel IT bayangan (shadow IT) karena tidak didukung departemen IT pusat organisasi dan memungkinkan fleksibilitas developer dalam bekerja.

  1. Keamanan

Developer harus memikirkan sistem keamanan yang harus diterapkan pada aplikasi sehingga selama proses pembuatan tidak disusupi oleh peretas. Apalagi aplikasi yang belum dirilis sangat memerlukan proteksi terbaik supaya aplikasi tidak bocor. Parahnya malah diakui sebagai milik kompetitor.

  1. Integrasi Data

Pentingnya integrasi data bergantung pada jenis aplikasi yang dibuat. Biasanya, semakin rumit aplikasi, maka integrasi data semakin penting dilakukan. Cara kerjanya dengan menarik berbagai informasi dari tempat berbeda, sehingga bisa menyajikan tampilan terpadu untuk pengguna. Makin rumit data yang ditarik, jelas akan semakin banyak masalah yang mungkin muncul.

Proses Pembuatan Aplikasi Web

Untuk memulai proyek pembuatan aplikasi web, developer harus menganalisis kelayakan dan kebutuhan web dahulu, baru menentukan requirement dokumen. Selanjutnya pembuatan desain yang dilanjutkan dengan mengukur dan melacak perkembangan. Kemudian melakukan pengembangan, Otomasi, dan Pengetesan. Terakhir melakukan praktik penerapan secara bertahap.

Begitulah kiranya pengembangan dan langkah pembuatan aplikasi berbasis web. Hal tersebut pun berlaku untuk developer aplikasi mobile. Karena banyak diperlukan, jasa pembuatan aplikasi mobile menjadi semakin menjamur, oleh sebab itu saat ingin menggunakan layanan ini, pastikan sudah memilih layanan yang kompeten.